Perjalan Murah ke Singapura-Malaysia

Jika kita mencoba searching tentang trik jalan-jalan murah, akan banyak didapati, seperti ZIKRI.COM, WONGKENTIR.BLOGDETIK, atau lainnya memang relatif berhasil (It Works…!!!).
Alhamdulillah, awal maret 2011 yang lalu, saya berkesempatan ke Singapura dan Malaysia (Kuala Lumpur) dengan harega relatif murah.
Langkah yang saya kerjakan:
1. Booking tiket dari jauh-jauh hari ke AIR ASIA, waktu itu saya booking tiket 3 bulan sebelumnya. Untuk saat ini, sesudah FISKAL GRATIS, ke Singapura via Batam TIDAK LEBIH MURAH.
2. Booking voucher hotel juga jauh-jauh hari, bisa lewat biro travel Indonesia ataupun booking secara online (untuk booking online harus punya kartu kredit).
==> Ingat, sebelum booking atau beli voucher di biro travel sebaiknya teliti dulu harga voucher hotel di internet. Kita bisa lihat di BOOKINGONLINE.COM atau AGODA.WEB.ID untuk melihat harganya, jadi sewaktu kita beli voucher di travel sudah punya gambaran.
==> Cara ini baik dilakukan jika kita tidak mau repot sewaktu tiba di Singapura atau Malaysia.
==> Jika kita senang berpetualang ala BackPacker, sebaiknya mencari hotel, apartemen ataupun hostel sesampainya di tempat saja pun bisa.
3. Sesampai di Singapura, keluar dari Airport CHANGI, langsung beli tiket perjalanan selama di Singapura untuk naik bis ataupun MRT (kereta cepat), namanya Kartu EZ-Link. Maret 2011 lalu, harga EZ-Link SG$12 dengan harga kartu SG$5 dan uang yang bisa dipake SG$7. (ini sudah cukup untuk jalan-jalan di Singapura sekitar 2 hari
penuh).
4. Jalan-jalan ke berbagai tempat di Singapura menggunakan MRT. Hampir semua lokasi lumayan dekat dari stasiun MRT, kalaupun jauh sekitar 500-an meter.
5. Untuk makan, carilah makanan Melayu, di samping rasanya dekat dengan lidah orang Indonesia, juga lebih murah. Di berbagai foodcourt banyak makanan harga murah. Dengan SG$5-7 kita sudah makan dan minum kenyang.
==> Makanan Melayu khusus, banyak didapati di KTM (Kereta Tanah Melayu) atau di Rumah Makan HAJAH MAIMUNAH yang berada di beberapa tempat, seperti GEYLANG, BENCOOLEN (dekat ORCHARD), dll.
6. Untuk belanja,
harga yang murah bisa didapati di daerah CHINA TOWN, BUGIS, LITTLE INDIA, MUSTAFA CENTER atau HARBOUR FRONT.

7. Ke Malaysia (Kuala Lumpur), sebaiknya naik bis (4-5 jam). Untuk yang murah harganya SG$27 ada dibeberapa tempat, yang agak terkenal di LAVENDER, KRANJI, BUGIS, JURONG EAST, dll.
==> Jika ingin lebih murah lagi, naik bis dari KRANJI atau LAVENDER ke jurusan LARKIN (Johor Baru-Malaysia). Sesudah sampai LARKIN, naik lagi bis jurusan Kuala Lumpur.
==> O ya, sejak tanggal 1 Maret 2011, terminal bis di Kuala Lumpur sudah dipindah. Sebelumnya di jalan PUDU RAYA, sekarang di kawasan BANDAR TASIK SELATAN (masih cukup jauh ke Kuala Lumpur, naik kendaraan sekitar 50 menit). Dari sini, Naik taksi ke KL sekitar MYR 25-35.
Lebih murah naik LRT (kereta api) ke KL Sentral, lalu sambung naik Monorail (kereta api rel tunggal) ke PUDU RAYA atau BUKIT BINTANG, ongkosnya cukup MYR 4.
8. Selama di Kuala Lumpur, ongkos jalan-jalan lebih murah naik LRT (kereta api), KTM (Komuter; kereta api), Monorail (kerat rel tunggal) ataupun bis. Tetapi, jarak dari dan menuju terminal/stasiun agak jauh, tidak seperti di Singapura.
==> Cara lain ongkos murah adalah naik taksi yang pake ARGO. Kalau terpaksa, supir taksi tidak mau pake argo, kita harus bisa menawar, JANGAN PERNAH lebih dari MYR15, biasanya pake argo hanya MYR 7.
==> Cara lain naik taksi, jika rombongan ada sekitar 7 orang, naiklah taksi VAN, kapasitasnya s/d 7 orang. Taksi ini sedikit lebih mahal dari taksi biasa, tetapi lebih murah dari sewa 2 taksi.
9. Makan di Kuala Lumpur cukup mudah dan murah. Kedai-kedai pinggir jalan banyak, yang emperan juga banyak, seperti di daerah samping PETALING STREET. Harganya sekitar MYR 10, sudah kenyang makan dan minum.
10. Untuk belanja, salah satu cara murah adalah pergi ke toko di daerah pecinan yaitu PETALING STREET. Di sini banyak oleh-oleh berharga murah.
==> Cara lain belanja murah yaitu cari Super Market bernama MYDIN yang ada di berbagai tempat.

Mungkin Anda punya pengalaman lebih baik?

Selamat Mencoba…

10 Responses to Perjalan Murah ke Singapura-Malaysia

  1. Nami says:

    aku kurang ngerti neh mengenai Kartu EZ-Link. tolong di jelasin lebih jelas dunkzz… trus minta rute dari airport Changi ke stasiun kereta yang bisa ke malaysia dunkz.
    Maksih informasinya

    • Makasih NAMI udah mampir.
      – Sebenarnya saya juga kurang paham sepenuhnya rute di Singapura, saya jarang ke sana. Tapi, kalo dipikir, di Singapura sebenarnya kecil, dan konsep rutenya sangat mudah dipahami, tambah lagi, walopun penduduk Singapura kelihatannya pada individual (lebih banyak diam, ga banyak ngomong, lebih asyik baca), tapi kalo kita nanya sama mereka, pasti direspon dengan baik, mereka jelasin secara detail banget. Coba deh, it’s work!
      – Perkiraan yang saya tahu rute menuju Stasiun kereta api yang ke Malaysia, namanya KERETAPI TANAH MELAYU (KTM), itu daerahnya di sebelah barat, di sekitar wilayah JURONG EAST, BUKIT BATOK, BUKIT PANJANG atau BUKIT TIMAH NATURE RESERVE.
      – Menuju ke sana dari Changi, naik TAKSI tentu lebih siip, langsung nyampe deh… Tapi kalo mau nyoba naik MRT: dari Changi naik MRT dari Terminal 2 (naik ke lantai 2) menuju ke TANAH MERAH (gratis). Dari Tanah Merah, turun dulu, trus nyambung MRT yang rutenya HIJAU menuju ke JURONG EAST atau JOO KOON. Turun di JURONG EAST atau BUKIT BATOK, dari situ udah deket, jalan kaki juga bisa, ga jauh-jauh amat koq.
      – Untuk kartu EZ Link, begini: Naik kereta MRT atau LRT atau Bis di Singapura itu bayarnya sistem kartu pra bayar, nama kartunya STP atau EZ-Link. Kartu EZ-Link bisa dibeli di stasiun MRT atau ada juga di CHANGI (kalo naik pesawat) atau HARBOUR FRONT (kalo naik FERRY dari Batam). Beli kartu EZ-Link harganya $12, isi yang bisa dipake $7. Nah, setelah beli, langsung bisa dipake buat naik MRT, cukup di tempel/discan di pintu otomatis pas mau masuk atau mau keluar dari stasiun MRT. Gitu dech… Selamat Mencoba…!!!

  2. fiven says:

    siang pak,,,, pak,,saya tgl 21 Juni ini akan ke singpaura.. pak saya minta tolong berikan nomor bapak yang bisa saya hubungi untuk bertelefon langsung,,terimakasih banyak,,ditunggu pak,,,

  3. dharmadi says:

    Hi Pak salam kenal, mau nanya kartu EZ-link. Kartu itu berlaku untuk 1 orang? artinya kalo kita berempat mau naik mrt harus beli 4 kartu, begitukah? Terima kasih atas pencerahannya. Dharmadi

    • Salam Mas DHARMADI…
      Betul Mas, kartu EZ-Link hanya berlaku utk 1 orang saja. Walaupun (sebenarnya) kalo mau dipake lebih dari seorang mungkin juga bisa, tetapi agak susah n ribet. Sebab, waktu kita masuk ke GATE menuju MRT kartu EZ-link diSCAN (ditempel ke kotak SCAN), so No kartu kita sudah terdata naik di stasiun A (misalnya) dan akan keluar di stasiun B. Nah kalo sesudah kita scan masuk, trus kita kasih ke temen kita, lalu discan lagi, berarti datanya dobel (walopun uang dikartunya mungkin masih ada).
      So… sebaiknya beli sendiri-sendiri aja. Lagian gak rugi kok, sisa uang di kartu biasanya gak banyak, kartunya bisa dipake pamer sama temen (hehehe), trus kalo kita suatu waktu balik lagi, masih bisa dipake.
      Selamat berlibur deh…

  4. sri tunjung sari says:

    hi pak salam kenal, sy rencana ingin kesingapore tgl 27 nop ini, dari changi ingin ke hotel link jl. tiong bahru road mrt bagmn caranya? trimakasih

    • Wah maaf banget Mba SRI, saya telat bales karena baru datang, lama gak bisa connect internet.
      Semoga perjalanannya menyenangkan aja deh, gak pake nyasar atau bayar lebih dari perkiraan. Selamat ya…

  5. nori says:

    maaf pak, slm kenal.. kami sekeluarga ada rencana untuk ke spore tgl 4juli 2012..tiket n hotel sudah siap, yg menjadi perhatian adalah saya dan suami membawa anak balita 1org dan anak 9thn 1org, juga mengajak ibu saya (756thn) berkursi roda. Apakah kami bisa keliling spore naik MRT?ato kmn2 hrs naik taxi?apa bapak tau sewa van daily brp biayana?makasih sebelumnya

    • Salam kenal juga Mba’ NORI. Maaf agak telat balesnya.
      Pengamatan saya, infra struktur jalan dan fasilitas umum di Singapore sangat bagus, lengkap dan “manusiawi”, termasuk (apalagi) untuk org yg berkursi roda, sangat dikhususkan. Jadi, dengan berkursi roda pun bisa berkeliling singapore, gak usah khawatir, tapi utk lebih siipnya, nanti di sana sambil lihat-lihat dan tanya.
      Tapi kalo menurut Anda lebih nyaman sewa van itu lebih baik (sebaiknya jangan taxi krn Anda bawa anak kecil dan org tua yang berkursi roda. Setahu saya, sewa van bisa per 2 jam kurang lebih SGD30-50, kalo sewanya sekaligus per-hari, hitungannya lebih murah, just try it… Oke deh, didoakan semoga perjalanannya lancar dan menyenangkan. Salam Mba’ NORI…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: