UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)


Hampir sebagian besar sekolah, mulai tanggal 9 Desember 2008 melaksanakan kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) atau Ulangan Umum atau nama lain yang sejenisnya, termasuk di sekolah tempatku mengajar, Ulangan Umum dilaksanakan tanggal 9 – 15 Desember 2008.
Tes hasil belajar, memang merupakan salah satu alat untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Akan tetapi, pada saat arah kurikulum di Indonesia mulai tergiring ke konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang berbasis pada unjuk kerja dan ketuntasan belajar (mastery learning), masih tepatkah teknik tes yang dilakukan secara kolosal dan/atau dijadwalkan secara bersama dan dengan materi yang juga sama?
Padahal, jika memang berkiblat pada ketuntasan belajar (apalagi kurikulum KTSP), seharusnya tidak lagi mekanisme tersebut dipertahankan. Siswa yang memang dapat menyelesaikan pelajaran lebih cepat, maka mereka berhak untuk lebih awal mengikuti ujian ketimbang yang lain. Dan, jika ia sudah lulus atau kompeten, maka tidak tepat jika harus diuji lagi untuk materi yang sudah kompeten. Apalagi dilakukan secara bersama-sama.
Mungkin, masih bisa dipahami dan diterima jika ujian secara bersama dalam bentuk Ujian Nasional (UN) karena memang merupakan Standar Kompetensi Kelulusan bagi siswa yang akan menyelesaikan studinya. Tapi, jika selain UN masih tepatkah?
Semoga, hari demi hari pendidikan kita semakin membaik, baik konsepnya, arahnya dan konsistensinya, amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: